Advertorial News

Kembangkan Inovasi Pembudidayaan Ikan, Dinas Kelautan Perikanan Kukar Luncurkan Koper Basah

LintasMahakam.com, Kutai Kartanegara – Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Kutai Kartanegara meluncurkan inovasi Komunitas Peduli Perikanan Berdaya Saing Hulu-Hilir (Koper Basah) pada hari ini Rabu (26/10/22). Inovasi ini bertujuan untuk mewadahi pelaku usaha perikanan di area Kecamatan Loa Kulu, Loa Janan, Tenggarong, dan Tenggarong Seberang.

Bupati Edi Damansyah dalam sambutannya menyampaikan agar inovasi Koper Basah dapat memberikan solusi terhadap persoalan yang dihadapi pembudidaya ikan dalam masalah pakan, benih, dan pemasaran.

Edi Damansyah menegaskan komitmen Pemkab Kukar untuk mendukung penuh inovasi tersebut melalui Program Kukar Idaman dalam program 25 ribu nelayan produktif.

“Inovasi di wilayah Kecamatan Loa Kulu, Loa Janan, Tenggarong, dan Tenggarong Seberang ini merupakan pilot project. Saya berharap inovasi ini juga bisa diterapkan di Kecamatan lainnya di Kukar,” kata Edi.

Kepala DKP Kukar Muslik mengatakan, DKP Kukar membangun strategi membangun jejaring ekosistem usaha perikanan yang mensejahterakan dan berkelanjutan.

“Launching Koper Basah merupakan dukungan terhadap pembangunan pertanian berbasis kawasan dalam aktualisasi Program Kukar Idaman,” ujar Muslik.

Muslik berharap kehadiran komunitas Koper Basah mampu mendorong pelibatan semua stakeholder untuk membangun sektor perikanan yang strategis bagi perekonomian Kukar.