News

Pembangunan IKN Nusantara Memberikan Peluang Usaha Bagi Masyarakat dan Pengusaha Perempuan

LintasMahakam.com, Penajam Paser Utara – Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kalimantan Timur, Ernawati Gafar, SE, sangat menyambut baik pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, yang berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Karena adanya pembangunan IKN Nusantara ini akan memberikan peluang usaha bagi masyarakat khususnya bagi pengusaha perempuan,” ujar Ernawati Gafar, Rabu (1/2/2023).

Dijelaskannya, pembangunan IKN Nusantara sudah dilakukan termasuk 22 tower yang akan segera rampung. Pembangunan tower ini, kata dia, akan diperuntukkan bagi Pekerja Konstruksi, dan akan dibangun juga untuk ASN termasuk TNI/Polri.

“Dengan adanya pembangunan ini, maka menjadi peluang usaha khususnya bagi pengusaha Iwapi yang tergabung dalam Iwapi Kaltim,” sambungnya.

Ernawati mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan dan ambil bagian dalam pembangunan IKN Nusantara termasuk dengan melakukan kerjasama dengan Badan Otorita pada Agustus 2022 lalu.

Disampaikannya, banyak peluang usaha yang bisa kelompoknya kerjakan di IKN Nusantara. Seperti penyediaan makanan (Catering) dan laundry yang diperuntukkan bagi pekerja.

Saat ini, pengusaha lokal yang tergabung dalam Iwapi juga sudah membangun fasilitas untuk penyediaan makanan di IKN Nusantara, para pelaku UMKM dan pengusaha perempuan juga akan dilibatkan dalam pembangunan IKN Nusantara terutama dalam hal penyediaan makanan dan laundry.

“Kami harapkan pemerintah bisa memberdayakan pengusaha lokal khususnya pengusaha perempuan. Kalau bisa ya dikasih porsi lah 30 persen untuk turut ambil bagian di IKN Nusantara,” harapnya.

Ernawati menambahkan, peran utama dalam pemberdayaan pengusaha perempuan berada di DPC Iwapi Penajam Paser Utara. Karena lokasi IKN Nusantara berada di daerah tersebut.

“Sejumlah anggota Iwapi di PPU sudah mulai ambil bagian dalam pembangunan IKN Nusantara. Kami sudah dapat laporan bahwa pengusaha perempuan di PPU sudah mulai ambil bagian baik itu makanan maupun laundrynya. Karena IKN berada di PPU maka mereka lah yang kami dorong untuk memanfaatkan peluang ini,” pungkasnya.