News

Gandeng KIM untuk Sebarkan Informasi Layanan, DPMPTSP Kukar Gelar Diskusi Efektivitas Promosi dan Publikasi Instansi Pemerinah

LintasMahakam.com, Kutai Kartanegara – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Forum Diskusi Efektifitas Promosi dan Publikasi Media Sosial Instansi Pemerintah.
Acara yang dihadiri oleh anggota Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar ini digelar di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong pada Rabu (28/12/2022).

Sekretaris DPMPTSP Kukar Sri Dayani menyebut diskusi ini sangat penting untuk membatru menyebarkan luaskan informasi layanan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar kepada masyarakat. “Dengan adanya kawan-kawan dari kawan-kawan anggota KIM, Diskominfo dan branding yang kita gunakan ini bisa untuk mempromosikan layanan yang ada di Kutai Kartanegara sehingga bisa diketahui oleh seluruh masyarakat,” ujar Sri Dayani. Sri Dayani menambahkan bahwa wilayah Kukar ini cukup luas dan media sosial menjadi sangat penting untuk mengabarkan kepada masyarakat di kecamatan yang jaraknya jauh dari ibukota Kabupaten.

Kepala DPMPTSP Kukar Bambang Arwanto mengatakan bahwa promosi dan publikasi media sosial instansi pemerintah perlu banyak belajar untuk menampilkan konten informasi yang menarik, mudah dipahami dan tersebar luas secara masif di masyarakat. Kepala Bidang Pengelola Komunikasi dan Publik (Kabid PKP) Diskominfo Kukar Ahmad Riyanto menyebut keberadaan KIM bertujuan sebagai wadah untuk menjembatani kepentingan pemerintah dan masyarakat. Saat ini telah terdaftar 110 kelompok KIM yang tersebar di seluruh desa dan kelurahan di Kukar.

Komunitas ini bergerak di berbagai sektor seperti UMKM, pariwisata, konten kreator, IT, Kuliner, film dan youtuber. “Peran KIM kita dorong untuk bisa berkontribusi atau mengambil peran membantu mensosialisasikan kegiatan dan pelayanan pemerintah khsusnya mensosialisasikan pelayanan Mal Pelayanan Publik (MPP),” ujar Ahmad Rianto. Ketua KIM Kukar Ahmad menyebut KIM akan mensupport, mempublikasikan dan menyampaikan ke publik tentang program-program yang ada di setiap OPD di Kabupaten Kukar.

“Kami adalah Mitra pemerintah yang dibentuk oleh pemerintah untuk menyampaikan berita baik ini kepada masyarakat. Kamilah yang akan menjadi partner di lapangan untuk menyampaikan informasi sampai ke pelosok sampai ke tingkat RT,” kata Ahmad yang biasa disapa Daeng Lompo.