Advertorial News

Masih Ada Sekolah Minim Fasilitas, Agil : Miris Sekali

LintasMahakam.com, Samarinda – Anggota Komisi 2 DPRD Kaltim, Agil Suwarno menyayangkan masih adanya sekolah yang tidak memadai untuk kegiatan belajar mengajar. Salah satunya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1, Desa Bukit Makmur, Kecamatan Kaliorang, Kutai Timur.

Agil menyebut seharusnya setiap sekolah perlu didukung dengan fasilitas yang memadai, untuk memberikan kenyamanan kepada seluruh Siswa yang juga akan berpengaruh pada meningkatnya prestasi. Namun Agil menilai, yang terjadi di sekolah tersebut sangat jauh dari kata memadai.

“Masih kurang memadai, harus ada perlengkapan dan fasilitas yang mendukung. Apalagi ini kan sekolah kejuruan. Harus ada upaya untuk melengkapi kekukarangan ini,” ujarnya.

Sekolah tersebut ditemukan dengan kondisi fasilitas yang sangat tidak layak, dimulai dari plafon, hingga bangku dan meja yang tidak dapat dipergunakan, karena jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan total Siswa dalam kelas.

“Kondisinya sangat miris sekali, padahal bagaimanapun fasilitas pendidikan ini juga mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) kita juga,” jelasnya.

Sebagai politisi asal Kutim, Agil merasa ikut bertanggungjawab pada persoalan itu. Dia kemudian mencari cara agar sekolah tersebut dapat memberi fasilitas lengkap untuk semua muridnya. Dia melihat di sekeliling sekolah tersebut masih banyak perusahaan yang dapat diajak kerjasama untuk pembangunan sarana prasarana sekolah.

“Kita harus menyelesaikan persoalan ini secara bersama-sama. Banyak cara yang bisa dilakukan, apalagi kan banyak perusahaan di dekat sekolah itu. Tinggal bagaimana kita bekerjasama menyelesaikan persoalan secara bersama-sama,” pungkasnya. (Iswanto/ADV/DPRDKaltim)