Advertorial News

Akun Fake Minta Pulsa Mengatasnamakan Anggota DPRD Kaltim Muhammad Samsun

LintasMahakam.com, Samarinda – Akun fake (palsu) mengatas nama Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun kembali terjadi. Pelaku dengan sengaja mengkloning foto pribadi Anggota Fraksi PDI Perjuangan ini untuk melancarkan aksi penipuannya melalui media sosial Facebook (FB).

“Yang terhormat para sahabat facebook sekalian. Beberapa hari ini FB saya di kloning oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” kata Muhammad Samsun pada official akun facebook dirinya yang ditulis, Selasa (25/10/2022).

Muhammad Samsun menyebutkan bahwa kejadian ini bukan baru pertama terjadi, melainkan sudah dua kali yang memang sengaja dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab demi kepentingan pribadi.

Sebelumnya, kata dia, akun fake juga pernah mengatasnamakan dirinya, hanya saja melalui aplikasi WhatsApp.

Kemudian dalam praktiknya, pelaku menggunakan akun yang mengatasnamakan dirinya itu untuk meminta kiriman pulsa atau menjanjikan hal lainnya.

“Dikloning profil saya. Pelaku mengatasnamakan akun saya untuk minta dikirimkan pulsa,” kata Samsun, Rabu (26/10/2022).

Samsun sendiri juga mengaku tidak mengetahui berapa jumlah korban penipuan yang dilakukan oleh akun fake yang mengatasnamakan dirinya itu.

“Saya nggak tahu berapa jumlah orang yang dimintai kirim pulsa oleh akun fake tersebut. Tapi kalau akun saya memang sudah dua di kloning,” terangnya.

Hingga saat ini, Samsun belum mengetahui pasti siapa dibalik orang yang mengkloning data dirinya itu.

Karena itu, melalui akun resminya juga, Muhammad Samsun menuliskan pesan imbauan kepada seluruh masyarakat untuk tidak menanggapi permintaan apapun yang mengatasnamakan dirinya lewat akun fake.

“Saya sendiri belum mengetahui siapa orang yang menggunakan akun fake itu. Tapi saya sudah umumkan agar tidak ditanggapi. Mohon hal tersebut tidak ditanggapi karena saya tidak pernah meminta dan menjanjikan sesuatu melalui FB, Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” imbuh Samsun. (Iswanto/ADV/DPRDKaltim)