Advertorial News

Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, Ananda Sebut Empat Konsensus Jadi Fundamental Dalam Bernegara

LintasMahakam.com, Samarinda– Anggota komisi IV DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Ananda Emira Moeis menyebut empat konsensus kebangsaan menjadi fundamental dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ini disampaikannya saat melaksanakan kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Jalan Padat Karya, Kelurahan Loa Bakung, Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Rabu (9/11/2022).

Adapun empat pilar kebangsaan yang disosialisasikan itu yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

Sosialisasi yang diikuti ratusan warga itu berjalan lancar serta mendapatkan apresiasi dari ketua RT setempat yang merupakan lokasi dilaksanakannya kegiatan tersebut.

“Jadi empat konsensus yang disosialisasikan ini merupakan hal yang sangat fundamental dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita,” kata Nanda sapaan akrabnya.

Menurut Nanda, kegiatan tersebut mesti terus dilakukan, baik oleh DPRD maupun oleh instansi pemerintah yang memiliki kewenangan. Tujuannya agar keutuhan bangsa dan negara ini tetap terjaga.

Di era globalisasi ini, kata dia, tantangan semakin besar dengan semakin canggihnya teknologi, bahkan tidak mengenal batasan.

Karena itu, untuk mencegah timbulnya dampak negatif maka warga masyarakat perlu diberikan penguatan tentang wawasan kebangsaan secara komprehensif.

“Jadi sosialisasi wawasan kebangsaan di era yang serba teknologi ini sangat penting. Sehingga masyarakat bisa terhindar dari pemahaman yang buruk, apalagi sampai memecah persatuan dan kesatuan bangsa,” terangnya.

Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk terus meningkatkan semangat gotong royong dan rasa saling peduli antar sesama anak bangsa sebagaimana yang telah diwariskan oleh para founding father.

“Semangat gotong royong itu perlu dipertahankan. Ketika ada teman yang susah ya dibantuin, hanya itu kekuatan kita, NKRI harus terus dijaga,” serunya.

Sementara Ketua RT 73, Dewa menilai agenda sosialisasi yang dilaksanakan itu sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Ia berharap agar kedepannya kegiatan tersebut dapat terus dilakukan, sehingga masyarakat pemahaman masyarakat tentang wawasan kebangsaan terus meningkat serta tidak mudah terpengaruh dengan adanya paham-paham yang justru mengancam keutuhan bangsa.

“Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas terlaksananya kegiatan yang sangat bermanfaat ini, semoga kegiatan bisa terus dilakukan. Kami juga berharap Mba Nanda terus memperjuangkan kepentingan masyarakat,” terangnya. (Iswanto/ADV/DPRDKaltim)