Advertorial News

Balitbangda Kukar Gelar Seminar Hasil Kajian Sumber Daya Arkeologis di Jembayan Kukar

LintasMahakam.com, Kutai Kartanegara – Badan Penelitian Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Seminar Hasil Sub Kegiatan Penelitian dan Pengembangan Bidang Aspek-Aspek Sosial Kajian Terhadap Sumberdaya Arkeologis di Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu, Kukar.

Seminar dibuka oleh Kepala Bidang Sosial Budaya Kemasyarakatan, Tulus Sutopo di Ruang Rapat Balitbangda Kukar pada hari Selasa (1/11/2022).

Tulus Sutopo dalam sambutannya mengatakan bahwa riset sumber daya arkeologis di desa Jembayan ini dilaksanakan selama hampir 7 bulan oleh Kasubid Sejarah dan Kepurbakalaan.

Riset arkeologis tersebut dilaksanakan dengan bekerja sama dengan Balai Pelestarian Kebudayaan Kalimantan Timur, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar.

“Balitbangda Kukar memiliki anggaran untuk riset kebudayaan. Pada tahun 2023 kita akan bekerjasama dengan Disdikbud Kukar dalam riset indeks pembangunan kebudayaan,” ujar Tulus Sutopo.

Balitbangda akan berubah menjadi Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida). Untuk itu diharapkan dukungan kemitraan dari Balai Pelestarian Kebudayaan Kaltim dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar.

Seminar tersebut dihadiri Kasubid Sejarah dan Kepurbakalaan Balitbangda Kukar, Aji Zamila, Narasumber kegiatan dari Balai Pelestarian Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur Budi Iswanto, Perwakilan Disdikbud Kukar M Agus Syarifudin beserta para pemerhati kebudayaan, kerabat Kesultanan Kutai dan tokoh masyarakat desa Jembayan Kecamatan Loa Kulu.