Advertorial News

Bupati Kukar Lakukan Kunjungan Studi Aplikatif Pengembangan komoditas Jagung Modern

LintasMahakam.com, Kutai Kartanegara – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah melakukan peninjauan pengembangan mekanisme komoditas jagung modern di PT Mitra Agro Semesta Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Senin (8/11/12). Kunjungan ini untuk mensukseskan program lumbung pangan atau food estate pemerintah pusat.

Kegiatan studi aplikatif ini untuk berbagi pengetahuan tentang pengoptimalan wilayah sebagai lumbung pangan dan pengembangan mekanisasi pertanian modern dalam arti luas, khususnya pengembangan komoditas jagung yang telah dilakukan PT Mitra Agro Semesta.

“PT Mitra Agro Semesta memiliki potensi pertanian yang cukup besar dan bisa menjadi role model pengembangan komoditas jagung yang berbasis mekanisasi modern, sehingga kami sangat terkesan dan ingin melakukannya di Kukar, dengan mekanisasi yang sama dilakukan di sini,” ujar Edi Damansyah.

Bupati Kukar Edi Damansyah saat kunjungan di dampingi Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar Sutikno, Camat Loa Kulu Adriansyah, Kepala Bagian Prokom Sekretaris Kabupaten Kukar Ismed, dan stakeholder terkait.

Edi mengatakan kegiatan ini selain menjalin silaturahmi, juga ingin mewujudkan Kabupaten Kukar menjadi lumbung pangan menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kabupaten Kukar memiliki lahan potensial yang bisa ditanami jagung untuk peningkatan ekonomi petani. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar terus melakukan upaya pengembangan komoditas jagung dengan mekanisasi pertanian modern.

Edi mengatakan saat ini ada beberapa wilayah yang sangat potensial untuk pengembangan komoditas jagung dengan mekanisasi modern. Karena itu, Pemkab ingin mengoptimalkan lahan dan sumber daya manusia dalam hal ini para petani sehingga menambah penghasilan dan menghidupkan lahan kosong menjadi produktif.