Advertorial News

Bupati Edi Damansyah Buka FGD untuk Aparat Desa Se-Kukar

LintasMahakam.com, Kutai Kartanegara – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Badan Pemerintah Desa (BPD). Rapat ini digelar di Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang, Selasa (8/11/2022).

Acara yang sama juga digelar pada Rabu (9/11/2022) untuk aparat desa se-Kukar. Acara FGD BPD tahun 2022 tersebut dibuka oleh Bupati Kukar Edi Damansyah.

FGD kali ini membawa tema “Membangun Kukar Dari Desa Menuju Terwujudnya Desa Idaman (Inovatif, Berdaya Saing, dan Mandiri)”. Acara ini dihadiri Kepala Dinas Pemdes Kukar Arianto, Camat Tenggarong Seberang, para Kepala, Sekretaris Desa, Ketua dan anggota BPD se-Kabupaten Kukar.

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa Forum BPD dibentuk untuk menguatkan peran fungsinya. Edi menyampaikan apresiasi terhadap kinerja BPD Kukar yang sangat baik dengan capaian tidak ada lagi desa tertinggal di Kabupaten Kukar.

Edi Damansyah berharap pihak BPD dan pihak eksekutif Desa dapat semakin bersinergi dan koordinatif dalam pelaksanaan pembangunan desa.

“Desa yang kuat karena kompak, itu kuncinya. Kepala Desa dan BPD harus kompak, tidak berjalan sendiri-sediri. Kekompakan itu sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan desa,” pesannya.

Edi Damansyah meminta dalam proses pembangunan desa, semua pihak harus dilibatkan. Hal itu bertujuan untuk menyatukan pemikiran, menyamakan persepsi untuk pembangunan yang partisipatif.

Tujuan utama pembangunan desa adalah memastikan terlaksananya pelayanan pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan. Hal itu dapat dilaksanakan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.