Advertorial News

Wawasan Kebangsaan Penting Dimiliki Setiap Warga Negara, Ely Hartati Gelar Sosialisasi

LintasMahakam.com, Samarinda– Wawasan kebangsaan sangat penting dimiliki oleh setiap warga negara. Bukan hanya orang dewasa tetapi juga anak-anak, agar mereka menyadari kehadiran nilai-nilai Pancasila.

Hal tersebut merupakan salah satu bentuk rasa cinta terhadap Indonesia dan menjadi pilar penting keberhasilan masyarakat sebagai bangsa dalam mencapai tujuan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim), Ely Hartati Rasyid menuturkan pentingnya mensosialisasikan wawasan kebangsaan kepada masyarakat.

Di era saat ini banyak yang tidak mengetahui bagaimana kondisi wilayah dan demografi negara Indonesia, terlebih generasi muda. Selain itu tidak mengerti sistem hukum serta ideologi apa yang diterapkan di negara berlambang merah putih ini.

“Karenanya saat ini masyarakat mudah dipecah belah. Banyak pemahaman yang dengan mudah merusak nilai kebhinekaan,” tuturnya usai menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di Desa Jembayan, Jumat (28/10/2022).

Ely menegaskan, tujuan utama wawasan kebangsaan yakni membangun dan mengembangkan persatuan kesatuan negara yang mampu menghidupkan semangat kebangsaan.

Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) tersebut menuturkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan bentuk negara dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Sementara Pancasila merupakan ideologi dasar negara, sedangkan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 adalah konstitusi negara yang di dalamnya terkandung falsafah masyarakat Indonesia yang beragama, berbangsa, dan bernegara.

Di tempat yang sama, Erwinsyah narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan itu mengatakan sangat mendukung sosialiasi yang diselenggarakan tersebut. Pasalnya nilai-nilai Pancasila saat ini sudah mulai ditinggalkan.

“Adanya sosialisasi ini semoga dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang wawasan kebangsaan, menerapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” tutupnya. (Iswanto/ADV/DPRDKaltim)