Advertorial News

Bupati Kukar Edi Damansyah Lantik 86 Kepala Desa Hasil Pilkades Serentak 2022

LintasMahakam.com, Kutai Kartanegara – Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah melantik 86 orang Kepala Desa terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa Serentak Kukar tahun 2022. Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut dilaksanakan di Gedung Putri Karang Melenu di Tenggarong Seberang pada hari ini, Kamis (27/10/22).

Bupati Kukar menyebut bahwa setelah pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut maka tugas, fungsi, wewenang, dan kewajiban sebagai seorang Kades telah melekat pada mereka. Damansyah pun mengingatkan amanah yang diberikan harus dipertanggungjawabkan dengan baik kepada seluruh masyarakat desa dan Pemkab Kukar.

“Tugas utama Kades adalah penyelenggaraaan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, serta pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Bupati Kukar berharap para Kades dapat menciptakan akses yang luas bagi masyarakat desa dalam membuka kesempatan berusaha dan meningkatkan perekonomian.

Selain itu, para Kades juga diminta untuk dapat menjalankan dengan sungguh-sungguh visi dan misi Kades. Visi-misi itu harus sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten dalam Program Kukar Idaman yang telah tertuang dalam RPJMD tahun 2021-2026.

Edi Damansyah juga meminta agar para kades memiliki cakrawala pemikiran yang jauh kedepan dan mampu mengidentifikasi persoalan-persoalan yang tengah dihadapi masyarakat desa.

Para kades juga harus memiliki komitmen yang tinggi dan mampu bersinergi dengan Pemkab Kukar dalam mengatasi persoalan-persoalan di desa seperti penanggulangan kemiskinan, memperluas akses pendidikan usia dini, membantu upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan stunting, peningkatan infrastruktur dan kegiatan skala desa lainnya