Advertorial News

Angkat Potensi Desa untuk Songsong IKN, Diskominfo Kukar Gelar Bimtek KIM di Kota Bangun 3

LintasMahakam.com, Kutai Kartanegara – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di Desa Kota Bangun 3, Kecamatan Kota Bangun. Bimtek yang bertujuan untuk memaksimalkan potensi desa ini digelar di Balai Pertemuan Umum Dusun Bukit Makmur Desa Kota Bangun 3, Kamis (27/10/22).

Bimtek tersebut dibuka oleh Kepala Desa Kota Bangun 3 Lilik Hendrawanto dan menghadirkan narasumber Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP) Diskominfo Kukar Ahmad Rianto dan wartawan Net TV Zakaria dan Awaluddin Jalil.

Kepala Desa Kota Bangun 3 berharap anggota KIM dapat melakukan promosi potensi pariwisata di wilayahnya masing masing dan mengenalkan produk-produk UMKM melalui media digital.

Kabid PKP Diskominfo Kukar Ahmad Rianto menyampaikan bahwa tujuan bimtek adalah upaya peningkatan kompetensi anggota KIM terkait pemanfaatan media sosial dan pembuatan konten positif.

Ahmad Rianto mengatakan bahwa KIM sangat dibutuhkan dalam diseminasi informasi terutama informasi yang positif bagi masyarakat.

“KIM dibentuk oleh masyarakat, harus berguna bagi masyarakat. Untuk itu diperlukan pemberdayaan KIM,” ujar Ahmad Rianto.

KIM merupakan mitra Pemerintah dalam penyampaian informasi bagi masyarakat khususnya. Diharapkannya melalui bimtek ini anggota KIM bisa lebih kreatif, dapat melakukan promosi dan pemasaran via medsos, memahami strategi pengelolaan medsos dan terampil dalam produksi konten yang bernilai tinggi.

Bimtek KIM ini diikuti 30 peserta diantaranya adalah KIM Mahardika Desa Kota Bangun III, KIM Taman Baca Idaman Desa Muara Leka Kecamatan Muara Muntai, KIM dari Desa Kedang Ipil dan Desa Lebak Cilong Kecamatan Muara Wis.

KIM diharapkan menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam menyampaikan informasi tentang perkembangan dan pembangunan daerah. Bimtek ini digelar agar dapat memberi pengetahuan dalam pengelolaan konten media sosial.