News

MCCC Kaltim dan Universitas Muhammadiyah Kaltim Gelar 2000 Vaksinasi

LintasMahakam.com, Samarinda – Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Kalimantan Timur dan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur gelar vaksinasi sebanyak 2000 dosis yang diperuntukkan bagi masyarakat umum, mahasiswa, dan warga Muhammadiyah bertempat di Kampus UMKT, Jalan Ir. H. Juanda, Jum’at (01/10/2021).

Dalam pantauan kegiatan di lapangan, meski sempat hujan di pagi hari namun antusias masyarakat tetap bersemangat untuk bisa mendapatkan vaksin. Setidaknya ada tiga titik pembagian vaksin yang telah disiapkan oleh panitia.

Rektor UMKT menyebut, jika realisasi vaksinasi berjalan dengan baik. Kemudian didukung dengan menurunnya penyebaran Covid-19, dimungkinkan pada bulan depan kampus Muhammadiyah ini akan melaksanakan pembelajaran tatap muka.

“Dengan adanya 2000 dosis, UMKT akan siap dalam pembelajaran luring dan daring. Daring tetap dipertahankan, karena ke depan lebih efesien dan efektif, materi bisa di ulang setiap waktu,” ujar Prof. Bambang Setiaji.

Hal ini juga didukung dengan pernyataan Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang dihadiri secara daring oleh dr. Agus Taufiqurrahman. Ia menyebut, jika ditangani dengan tepat maka Pandemi Covid-19 akan bisa segera diatasi.

dr. Agus Taufiqurrahman

“Jika cara pandang penanganan pandemi tepat sesuai standar keilmuan. Maka kita akan optimis pandemi akan teratasi dengan baik,” ujarnya saat memberikan sambutan menggantikan Ketua Umum PP Muhammadiyah.

dr. Agus turut memberikan apresiasi atas terselenggaranya vaksinasi ini yang dapat berjalan atas kerjasama dengan seluruh pihak. Dirinya memastikan, Muhammadiyah akan terus hadir dan membantu menangani permasalahan Covid-19, dengan membagikan lima juta dosis vaksin.

“Muhammadiyah mengambil peran bagian untuk menyalurkan lima juta dosis. Melalui jaringan rumah sakit dan perguruan tinggi Muhammadiyah,” tambahnya.

Selain dalam memberikan vaksin guna kekebalan tubuh. Muhammadiyah juga mengeluarkan fikih kebencanaan tentang tatacara berkehidupan baru, guna ikut memberikan sumbangsih dalam menurunkan penyebaran Covid-19.

“Kami berharap ketika Muhammadiyah mengeluarkan panduan tatacara berkehidupan baru, maka kami harapkan seluruh masyarakat ikut serta menerapkan, agar pandemi segera usai,” jela dr. Agus.

“PP Muhammadiyah mengajak tetap optimis pandemi bisa diatasi dengan baik atas izin Allah,” tutupnya.

Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi (kanan)

Kegiatan ini juga dikunjungi oleh Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi selepas mengikuti upacara peringatan hari kesaktian Pancasila.

Penulis: Tim Redaksi LintasMahakam.com