News Uncategorized

Gelar Wisuda Ke-6, Rektor UMKT Janji Berikan Hadiah Bagi Mahasiswa Lulusan Terbaik Dengan Syarat

LintasMahakam.com, Samarinda – Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) mengelar wisuda ke-6 yang diselenggarakan via daring dan luring bertempat di gedung auditorium UMKT, Jalan Ir. H. Juanda, Sabtu (16/10/2021).

Sebanyak 571 mahasiswa mengikuti prosesi wisuda tahun 2021, terbagi dalam mahasiswa semester genap dan mahasiswa semester ganjil.

“Wisuda kali ini terbagi sebanyak 560 mahasiswa semester ganjil dan 11 orang mahasiswa semester genap,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik Ghozali MH, M.Kes, Ph.D.

Dalam kesempatan wisuda kali ini, Rektor UMKT Prof. Bambang Setiaji menyampaikan akan memberikan hadiah kepada wisudawan dan wisudawati terbaik berupa beasiswa S2 dan S3.

“Saya akan memberikan hadiah kepada wisudawan – wisudawati terbaik, dengan syarat, mendapatkan nilai bahasa Inggris 550 akan dikuliahkan S2 gratis di UMKT. Syarat berikutnya, mau melanjutkan pendidikan S3 di Universitas Malaysia serta menjadi dosen di UMKT,” ujarnya dalam memberikan sambutan secara daring.

Bambang juga berpesan kepada seluruh mahasiswa. Sebelum meninggalkan UMKT, agar terus meningkatkan kompetensi secara akademik dan keilmuan guna menjadi mahasiswa yang berkarakter, berwawasan, dan berkemajuan.

“Kalian hidup dalam era internet, dimana google dan aplikasi online lainnya sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu, lulusan UMKT harus menjadi mahasiswa yang unggul dalam membuat bisnis mandiri seperti aplikasi online yang ada. Jangan menjadi buruh,” kata Bambang dalam memberikan motivasi kepada lulusan UMKT.

Suasana wisuda ke-6 secara luring di gedung auditorium UMKT

Pentingnya meningkatkan kompetensi, menurut Bambang agar masyarakat yakin dalam menggunakan jasa profesional dari mahasiswa lulusan UMKT.

“Jadilah mandiri untuk membangun jasa profesional. Serta menjadi wirausaha agar dapat memberdayakan masyarakat lainnya,” tambahnya.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah Kalimantan Prof. Udiansyah turut memberikan ucapan selamat atas terselenggaranya wisuda UMKT ke-6. Dirinya juga mengaku bangga atas kemajuan UMKT dalam bidang pendidikan di Kalimantan.

“Selamat kepada wisudawan yang telah berhasil lulus di UMKT. Selamat juga kepada UMKT karena merupakan universitas yang telah berlari cepat dalam kemajuan, terbukti dari program S2. Di Kalimantan ada empat prodi yang berakreditasi A, salah satunya berada di UMKT,” ujarnya.

Senada dengan Udiansyah Prof. H. Achmad Jainuri, Ph.D. Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah menyampaikan, jika raihan UMKT tidak hanya sekedar kecepatan pembangunan namun juga dalam raihan prestasi dalam dunia olahraga.

“Kemajuan yang pesat dari UMKT, juga dibarengi dengan prestasi yang baik dari mahasiswa yang ikut berlaga di PON Papua,” pungkasnya.

(Penulis: Tim lintasmahakam.com)