Advertorial News

Dorong Ekowisata Daerah, DPRD Kaltim Siap Bantu Pemda

LintasMahakam.com, Samarinda – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Puji Setyowati gencar menyuarakan persoalan ekowisata daerah Kaltim pada Pemerintah. Hal itu sesuai dengan tugas DPRD Kaltim yang terus mendorong ekowisata atau ekoturisme yang berada di Provinsi Kaltim untuk berkembang, dengan membangun konektvitas melalui infrastruktur.

Ketua Fraksi Demokrat-NasDem itu menyebut ekowisata adalah kegiatan pariwisata yang berbasis lingkungan, untuk itu pemerintah harus memberikan perhatian serius kepada ekowisata daerah.

“Ekowisata bisa jadi salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan. Dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal, serta aspek pembelajaran dan pendidikan,” katanya, (11/11/2022).

Dijelaskan Puji, jika dilakukan secara konsisten, maka akan menhasilkan suatu yang besar untuk daerah. DPRD Kaltim telah memberikan dukungan kepada Pemprov Kaltim untuk bisa meningkatkan sektor ekowisata tersebut.

“Yang kami support di DPRD Kaltim sekarang adalah bagaimana pemerintah, OPD berwenang, membangun infrastruktur dan konektivitas di daerah satu ke daerah lain. Sehingga mempermudah akses,” terang Puji.

Peningkatan ekowisata ini dinilai penting, karena apabila Sumber Daya Alam (SDA) perlahan menipis, sektor pariwisatalah yang dapat menaikkan devisa negara serta PAD. “Kita mungkin sekarang bergantung pada SDA, tapi kalau sudah menipis maka kita bisa beralih ke sektor pariwisata,” ujarnya. (Iswanto/ADV/DPRDKaltim)