News

Rutan Samarinda Gelar Pelatihan Penanggulangan Kebakaran

LintasMahakam.com, Samarinda – Terjadinya musibah kebakaran hingga merenggut puluhan korban jiwa di lembaga pemasyarakatan (Lapas) Tanggerang, Rabu (8/9) lalu. Membuat Kepala Rutan (Karutan) Samarinda, melakukan penyiagaan dalam mengantisipasi terjadinya kejadian serupa.

Mengingat, di Kota Samarinda bencana kebakaran kerap terjadi. Sehingga untuk meminimalisir hal tersebut, Karutan Samarinda bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Samarinda melaksanakan kegiatan pembekalan untuk pegawai rutan cara penanggulangan bahaya kebakaran selama dua hari.

Simulasi penyemprotan, antisipasi api di dalam ruang tahanan. (dok. istimewa)

“Acara dari tanggal 14 September sampai besok. Pesertanya pegawai rutan samarinda berkerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda,” ungkap Kepala Rutan Samarinda, Alanta Imanuel, Selasa (14/09/2021).

Lanjut Alanta, jika dalam pelatihan tersebut, peserta diberikan pemahaman dalam pencegahan api baik di dalam rutan dan di kediaman para petugas.

“Pelatihan ini berguna untuk pencegahan kebakaran baik di rutan maupun di rumah tinggal masing masing dan diharapkan dari kegiatan ini petugas sudah siap dan terlatih bila terjadi kebakaran,” sambungnya.

Alanta turut memastikan bahwa kondisi rutan tetap terjaga. Sebab Rutan Samarinda merupakan rumah untuk membina warga binaan pemasyarakatan (WBP) sehingga harus selalu dijaga keamanannya termasuk dalam mencegah kebakaran.

Simulasi pemadam titik api oleh petugas rutan Samarinda (dok. istimewa)

“Saya sudah menginstruksikan jajaran rutan Samarinda untuk sering-sering melakukan kontrol keadaan jaringan/ perawatan instalasi listrik untuk mencegah terjadinya kebakaran” ujar Alanta.

Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam pelatihan ini diantaranya untuk memahami cara penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), memahami cara pemadaman api yang benar, dan menjadi regu penyelamat pertama apabila terjadinya kebakaran.

(Tim Redaksi LintasMahakam.com)