Advertorial News

PDIP Kaltim Punya Dua Angkatan Sekolah Kader Perempuan

LintasMahakam.com, Samarinda – Jelang tahun politik, PDI Perjuangan Kalimantan Timur (Kaltim) siapkan pendidikan kader bagi perempuan. Hal ini diutarakan Wakil Ketua DPRD Kaltim yang berasal dari Fraksi PDIP, Muhammad Samsun. Menurutnya, PDI Perjuangan memiliki 2 angkatan khusus yang menyediakan pendidikan kader bagi perempuan.

“Jadi ini setara dengan Pendidikan Kader Pratama, tapi kita khususkan untuk kader perempuan,” jelasnya, Selasa (8/11/2022). Disebutkan Samsun, pendidikan kader dianggap sangat penting untuk keberlangsungan partai. Nantinya tiap kader perempuan juga akan mendapat hak yang sama, yakni jenjang pendidikan kader dimulai dari Pendidikan Kader Pratama. Dilanjutkan dengan Madya, Utama, hingga Pendidikan Kader Pendidik.

“Semua kader mendapatkan pendidikan yang sama. Apalagi untuk perempuan, selalu ada kesempatan tentunya. Samsun mengakui, dengan adanya pendidikan kader khusus bagi perempuan ini, Fraksi PDIP tak lagi mengalami kesulitan apabila mencari kuota 30 persen, bagi calon legislatif (Caleg) perempuan.

“Selama ini kan masih banyak kendala pencalonan kuota 30 persen untuk Caleg perempuan, nah dengan adanya sekolah ini, kita udah nggak kesulitan lagi, karena sudah khusus kita persiapkan untuk itu,” tuturnya.

Wakil rakyat yang terpilih dari Dapil Kukar ini menambahkan, apabila para perempuan ingin maju jadi Kepala Daerah, maka akan ada sekolah khusus kader Kepala Daerah. Begitu pula apabila ingin menjadi Wali Kota dan tidak mempunyai pengalaman, khusus bagi para perempuan akan diberikan secara khusus.

“Maka tidak perlu khawatir, kita buka kesempatan seluas-luasnya, ruang untuk perempuan di PDIP sangat terbuka lebar.” tutupnya. (Iswanto/ADV/DPRDKaltim)