Advertorial News

Pertengahan November, DPRD Kaltim Targetkan Pengesahan APBD

LintasMahakam.com, Samarinda – Jelang ganti tahun, DPRD Kaltim telah merampungkan pembahasan semua rencana kegiatan di tahun 2022. Rapat kerja tersebut dilakukan dalam Badan Musyawarah (Banmus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim).

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mengatakan, salah satu perubahan pembahasan yang akan dijadwalkan adalah pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 mendatang. Rencananya, pengesahan ini pada awalnya akan dilakukan pada 21 November. Namun akan ada perubahan jadwal dan dilakukan lebih cepat, yakni pada 14 November.

“Sudah rampung, salah satu diantara perubahan ini adalah terkait dengan pengesahan APBD 2023, jadi akan kami gelar lebih cepat dari pada sebelumnya,” katanya.

Dijelaskan dia, pembahasan APBD 2023 merupakan suatu hal yang sangat penting. DPRD Kaltim sendiri telah menargetkan pengesahannya harus rampung pada pertengahan November 2022. Sehingga, pihaknya bekerja cepat dan tepat agar dapat sesuai target.

“Pertengan November semua harus rampung dan itu disepakai bersama. Jadi memang harus kerja cepat dan tepat,” ujarnya. Target tersebut, lanjut dia, dilakukan sesuai dengan Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 84 Tahun 2022 tentang pedoman penyusunan APBD tahun anggaran 2023.

“Pembahasan APBD 2023 ini termasuk hal yang krusial, karena ditargetkan pengesahannya pada pertengahan November. Sesuai dengan Permendagri Nomor 84 Tahun 2022,” tutur Samsun yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kutai Kartanegara.

Diketahui, sebelumnya Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Badan Anggaran (Banggar) terus intens lakukan pembahasan, guna merancang dan menyesuaikan program yang akan dilakukan. “Semua ikut andil dan terjadwal baik, kita berharap semua lancar dan sesuai target,” pungkasnya.(Iswanto/ADV/DPRDKaltim)