Advertorial News

Bupati Edi Damansyah Resmikan SIEDesa, Aplikasi yang Mendukung Desa Mengentas Kemiskinan

LintasMahakam.com, Kutai Kartanegara – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meresmikan Aplikasi digital Sistem Informasi Elektronik Desa (SIEDesa). Acara peresmian aplikasi ini dilaksanakan di Gedung Bela Diri Kompleks Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang pada hari Rabu (09/11/22).

Aplikasi SIEDesa dibangun agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar bergerak cepat membenahi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan bahwa aplikasi SIEDesa hadir untuk mendukung peran desa dalam penghapusan kemiskinan ekstrem.

“Diharapkannya dengan aplikasi SIEDesa dapat membantu dan memberikan dukunan pada fungsi pertama, verifikasi data sesuai daftar yang terdapat dalam aplikasi penanggulangan kemiskinan berdasarkan kriteria program yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Fungsi kedua aplikas SIEDesa adalah menyusun kebijakan penanggulangan kemiskinan yang terintegrasi dengan kebijakan pemkab Kukar didalam proses perencanaan, yakni pada RPJMDes maupun RKPDes.

Ketiga, melakukan koordinasi dan kesepakatan bersama dengan Pemkab Kukar dalam penetapan sasaran penerima manfaat program penanggulangan kemiskinan. Keempat, pengalokasian belanja desa untuk program penanggulangan kemiskinan di masing masing wilayah.

Bupati Edi Damanssyah berharap dengan aplikasi SIEDesa dapat memperbaiki tata kelola pemerintahan Kabupaten maupun desa dalam bidang pengawasan sehingga pelaporan dapat terintegrasi secara utuh dan baik untuk Desa maupun BPD.