Advertorial News

Di Kota Balikpapan, Sigit Wibowo Sosialisasikan Empat Pilar Wawasan Kebangsaan

LintasMahakam.com, Samarinda– Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Sigit Wibowo melaksanakan kegiatan Sosialisasi tentang empat pilar wawasan kebangsaan di kelurahan Gunung Samarinda, Kota Balikpapan, Sabtu (29/10/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Sigit Wibowo turut menghadirkan Dandim Balikpapan Utara INF Suryaman selaku narasumber yang menjelaskan wawasan kebangsaan.

Adapun empat pilar kebangsaan tersebut yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

Menurut Sigit, kegiatan sosialisasi tersebut sangat penting sehingga seluruh elemen masyarakat dapat meningkatkan pemahamannya tentang wawasan kebangsaan.

Sebab, kata Sigit, empat pilar kebangsaan ini mampu menjadi konsepsi nasional yang tanpa keragaman. Sebab, empat pilar kebangsaan ini memiliki peran yang sangat penting dalam merekatkan konvensi bersama. Baik Pancasila sebagai dasar negara, UUD sebagai konstitusi negara, kemudian Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara, maupun NKRI sebagai bentuk negara.

“Jiwa patriotis ini perlu dihidupkan dan ditingkatkan karena Indonesia ini negeri yang sangat luas. Lebih dari 17 ribu pulau, lebih dari 500 suku bahasa. Ini perlu dikonsolidasikan dengan suatu konsepsi yang merupakan konsepsi nasional dan tanpa objek dengan Keragaman baik suku dan bahasa,” terang Sigit. (Iswanto/ADV/DPRDKaltim)