News

Niat Bakar Rumah Lebah, Rumah Sendiri Ikut Terbakar

LintasMahakam.com, Kutai Barat – Huberta Huti hanya bisa menatap nanar ke arah petugas pemadam kebakaran yang mencoba memadamkan api. Warga Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur itu tak percaya rumahnya terbakar.

Penyebab rumah wanita paruh baya ini terbakar pun cukup unik. Karena mereka menemukan sarang lebah di plafon rumah dan mencoba mengusir dengan cara dibakar.

Saat itu, Kamis (23/6/2022) siang, Huberta dan keluarganya hendak membongkar atap rumah. Dia berencana menjadikan bahan bangunan atap rumahnya itu menjadi pagar di rumahnya yang lain.

“Dia kusuruh bongkar, karena saya mau pindahkan atapnya itu untuk pagar di kapling sana lagi. Jadi saat dia bongkar, ketemu sarang penyengat (lebah) itu,” kata Huberta.

Agar aman saat membongkar, sarang lebah itu kemudian dibakar. Keluarga Huberta itu kemudian membuat obor dengan melilitkan kain di ujung sebuah batang kayu.

“Sarang penyengat itu dia bakar. Lapisan dinding ini kan terbuat dari kayu lapis, jadi mudah terbakar,” tambahnya.

Api kemudian membesar dan menghanguskan nyaris seluruh bangunan. Dinding rumah terbakar habis dan hanya menyisakan lantai.

Beruntung tidak ada bangunan lain di sekitar rumah. Sehingga api tidak merembet dan membakar bangunan lainnya.