News

Sambut Hari Kemerdekaan, PSI Kaltim Bagikan Rice Box ke Warga Isoman

LintasMahakam.com, Samarinda – DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaltim membagikan ratusan rice box kepada warga yang sedang menjalani Isolasi Mandiri atau Isoman di Kota Samarinda. Pembagian makanan siap saji ini diberikan selama tujuh hari berturut-turut sejak tanggal 12 Agustus 2021 lalu, hingga 18 Agustus 2021.

Ketua DPW PSI Kaltim Novita Rosalina menjelaskan, meningkatnya kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kaltim harus dibarengi dengan memberikan bantuan bagi warga Isoman. Sebab menurutnya, bantuan tersebut adalah salah satu cara menekan penularan virus tersebut.

“Kita berharap dengan bantuan makanan, baik dari PSI berupa rice box, maupun dari kelompok masyarakat lainnya, membuat warga yang isolasi mandiri bisa tenang di rumah,” kata Novita saat membagikan rice box di Kelurahan Pelita, Kecamatan Sungai Pinang, Kota Samarinda, Minggu (15/8/2021).

Agar tepat sasaran, tambah Novita, PSI menggandeng Satgas Covid-19 di tingkat kelurahan hingga RT. Pembagian juga dikoordinir oleh Satgas tersebut agar tetap menjaga protokol kesehatan.

“Satgas Covid-19 di tingkat kelurahan dan RT sangat mengetahui kondisi warganya yang Isoman. Jadi bantuan makanan ini langsung diberikan kepada warga yang Isoman tersebut,” sambung Novita.

Novita menyebutkan, ada 7 titik pembagian rice box yang tersebar di beberapa kecamatan di Kota Samarinda. Penentuan titik ini berdasarkan pantauan dari Direktorat Aksi Sosial dan Kebencanaan DPW PSI Kaltim.

“Setelah titik pembagian ditentukan, kemudian kami koordinasi dengan Satgas Covid-19 setempat untuk melaksanakan pembagiannya,” tambahnya.

Warga Kota Samarinda yang jalani isolasi mandiri menerima rice box yang berisi makanan siap saji dari PSI

PSI Kaltim Gandeng UMKM

DPW PSI Kaltim juga menggandeng tujuh UMKM yang menyediakan makanan di Rice Box. Ketujuh UMKM ini dipilih berdasarkan lokasi terdekat dengan titik pembagian.

“Kita sengaja mengajak UMKM agar mereka ikut berdaya. Apalagi dalam kondisi pandemi saat ini, mereka juga butuh bantuan,” papar Novita.

Untuk pemilihan UMKM juga harus memenuhi standar kesehatan dalam penyediaan makanan. Terutama dalam menjaga protokol kesehatan.

“Jangan sampai kita yang ingin membagikan malah menularkan,” katanya.

Untuk itu, dalam proses pengolahan hingga penyajian rice box, dipantau oleh tim dari DPW PSI Kaltim.
Pembagian rice box ini, kata Novita, selain untuk membantu warga yang menjalankan isolasi mandiri, juga dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Semangat perjuangan untuk meraih kemerdekaan harus dijadikan penyemangat untuk membantu mengatasi Pandemi Covid-19.

“Makanya kita namakan kegiatan ini dengan nama Rice Box Solidaritas Kemerdekaan,” kata Novita.
Untuk keluar dari pandemi, sambungnya, butuh kebersamaan seluruh lapisan masyarakat. Upaya pemerintah seperti PPKM hingga program vaksinasi harus didukung bersama seluruh rakyat Indonesia.

“Sesuai tema HUT ke-76 Republik Indonesia, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh, kita harus buktikan bahwa kita adalah bangsa yang tangguh dan siap untuk tumbuh bersama, apapun tantangannya,” pungkas Novita.