News

2.067 Mahasiswa UMKT Ikuti PKKMB Secara Virtual, Rektor: Siapkan Generasi Berkemajuan

LintasMahakam.com, Samarinda – Sebanyak 2.067 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Senin (23/8/2021).

“PKKMB UMKT 2021 kali ini dilaksanakan secara daring (online) selama tiga hari Senin – Rabu melalui aplikasi zoom dan YouTube,” terang Andri Satria selaku Ketua PKKMB.

Dari data ribuan mahasiswa yang telah mendaftar tersebut. Mahasiswa tersebar di 17 program studi (prodi). Andri menyampaikan, jumlah tersebut bisa saja meningkat. Sebab, penutupan pendaftaran mahasiswa baru ditutup hingga akhir bulan.

Mahasiswa UMKT mengikuti PKKMB via zoom

“Jumlah mahasiswa tersebar di 17 prodi, pendaftaran masih dilakukan hingga akhir bulan,” ungkapnya.

Rektor UMKT yang sedang berada di Solo turut memberikan apresiasi terhadap mahasiswa yang telah diterima. Ia menyampaikan, jika mahasiswa yang telah diterima bukan yang biasa saja, namun mahasiswa berkemajuan.

“Mahasiswa yang telah terdaftar telah mengikuti seleksi ketat pendaftar. Dari data 4000 lebih mahasiswa mendaftar, yang diterima 2000. Total mahasiswa yang ditargetkan 2500,” ungkap Prof. Bambang Setiaji.

Rektor Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Capaian yang dilakukan oleh UMKT sangatlah cepat. Tidak hanya dengan jumlah mahasiswa berjumlah ribuan. Bambang menyampaikan, jika kampus yang berusia dua tahun ini telah memiliki akreditasi B di setiap Prodinya.

“UMKT baru dua tahun akreditasi Prodi hampir keseluruhan B, kuncinya koloborasi dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta,” terangnya.

Bambang mengajak kepada seluruh mahasiswanya untuk dapat berkolaborasi dengan siapapun. Apalagi lanjutnya, di abad 21 berbeda dengan kemampuan keilmuan pada tahun sebelumnya.

“Era abad 21 memerlukan kompetensi. Abad 21 mahasiswa dituntut untuk kreatif thinking, berkomunikasi dengan baik minimal satu bahasa asing, menjadi mahasiswa yang berkemajuan dan memiliki kemampuan kolaborasi,” pungkas Bambang yang juga pernah menjabat sebagai Rektor UMS.

Zulkifli Hasan, Ketua BPH UMKT

Meski UMKT adalah kampus bernuansa Islami. Namun, mahasiswa non muslim juga dapat berkuliah di kampus yang beralamat di Jalan Juanda, Samarinda. Zulkifli Hasan selaku Badan Pengurus Harian UMKT mengatakan, dalam sisi ini UMKT telah memberikan kemajuan untuk seluruh umat manusia.

“Rahmatan lil ‘Alamin, karya yang membawa kemajuan untuk kebermanfaatan bagi manusia. Anak di UMKT di didik dengan penguasaan IT,” apresiasi Zulhas yang juga sebagai Wakil Ketua DPR RI.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kaltim yang turut hadir mendoakan kepada seluruh mahasiswa agar dimudahkan dalam berkuliah di UMKT.

“Saya berharap semoga kuliah di UMKT lancar, berpretasi,berhasil. Dan dapat menjadi kader persyarikatan, kader umat, kader bangsa, dan negara secara global,” harapnya.

(Tim Redaksi LintasMahakam.com)