Advertorial News

Samsun : BBM Bersubsidi dan Bantuan Pemkab untuk Sejahterakan Nelayan Kukar

LintasMahakam.com, Samarinda – Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Muhammad Samsun, komitmen mengawal alokasi BBM bersubsidi untuk Nelayan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). hal itu dia jelaskan saat mendampingi Wakil Bupati (Wabup) Kukar Rendi Solihin saat menyerahkan bantuan kepada Nelayan Muara Jawa, Samboja, dan SangaSanga di Terminal Handil II Muara Jawa Ulu, Muara Jawa Kukar, Minggu (13/11/2022).

Disebutkan Samsun, bantuan BBM bersubdisi untuk nelayan menjadi komitmen yang harus dipenuhi. Pasalnya, hingga kini belum ada sama sekali Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN), padahal menurutnya banyak sekali yang membutuhkan.

“Sampai sekarang belum ada, padahal nelayan butuh SPBN. Cara lain untuk menyejahterakan nelayan yaitu BBM bersubsidi,” sebutnya. Saat ini, lanjut dia, Pertamina sudah menyalurkan bantuan bersubsidi di dua kecamatan yakni Samboja dan Muara Jawa. Namun jumlah yang dialokasikan belum sesuai target awal.

“Alhamdulillah untuk saat ini sudah mulai, hanya saja dari 950 ton per bulan baru dapat 95 ton per bulan. Kenapa karena persyaratan dokumennya belum lengkap. Kalau sudah terdaftar semuanya baru dipenuhi. Kita komitmen untuk mengawal itu, ” jelasnya.

Politisi PDI Perjuangan itu menambahkan kelompok nelayan adalah masyarakat Kukar, masyarakat pesisir yang notabene menjadi konstituennya di DPRD Provinsi. “Maka saya ingin memastikan bahwa bantuan masyarakat di pesisir terfasilitasi oleh Pemkab,” sebutnya.

Dia berharap segala bantuan ini dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan Nelayan. Selain itu, ia juga berharap Nelayan semakin produktif untuk menyambut Ibu Kota Negara. Diketahui, Pemkab Kukar juga menyerahkan bantuan ke nelayan berupa Kapal, Mesin Kapal, Bibit Udang untuk Nelayan Tambak, kemudian bantuan langsung tunai untuk mengatasi inflasi dampak kenaikan BBM. (Iswanto/ADV/DPRDKaltim)