Advertorial News

Terus Majukan KIM, Diskominfo Kukar Kembali Gelar Bimtek di Tenggarong Seberang

LintasMahakam.com, Kutai Kartanegara – Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk anggota Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Bimtek ini digelar di Balai Pertemuan Umum Kantor Camat Tenggarong Seberang, Kamis (10/11/2022).

Bimtek ini dibuka oleh Seketaris Camat Tenggarong Seberang Ambo Dalle dan diikuti 36 anggota KIM dari seluruh desa yang ada di Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kukar. Para peserta diajarkan untuk optimalisasi peran KIM sebagai mitra pemerintah dan peluang wirausaha di era digital.

Dalam sambutannya Sekcam Ambo Dalle menyampaikan apresiasi dan menyambut positif kegiatan yang diselenggarakan oleh Diskominfo Kukar.

“Saya berharap setelah mendapatkan bimtek tersebut anggota KIM di Kecamatan Tenggarong Seberang dapat berperan aktif dalam memberikan informasi kepada masyarakat tentang potensi yang ada di masing-masing desa,” ujar Ambo Dalle.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PKP) Diskominfo Kukar Ahmad Rianto menyampaikan bahwa KIM memiliki peran strategis dalam menjawab tantangan zaman.

Arianto menyebut bahwa KIM telah tumbuh dan berkembang di tengah-tengah kehidupan masyarakat di Kukar. Ia berharap KIM di Kecamatan Tenggarong Seberang mampu menjembatani kesenjangan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.

Diharapkannya KIM yang telah terbentuk di setiap kecamatan hingga desa dapat secara aktif menginformasikan geliat UMKM, kegiatan, dan potensi, serta prestasi masing-masing desa.

‘’Lembaga ini dapat memiliki nilai ekonomi melalui aktivitas perdagangan, pertanian, dan industri. Anggota KIM juga diharapkann dapat mengambil peran sebagai agen pembangunan sekaligus mitra dialog pemerintah,’’ jelasnya.

Bimtek tersebut menghadirkan narasumber Kabid Sapras SDA dan TTG dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Lilis Mardiana, Penyuluh UMKM Zakaria Ahmad Busro, dan wartawan dari Net TV Awaluddin Jalil.