Advertorial News

Desa Pela di Kukar Kembali Raih Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

LintasMahakam.com, Kutai Kartanegara – Desa Wisata Pela yang berada di Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara kembali meraih prestasi yang membanggakan di tahun 2022. Desa Pela berhasil meraih Peringkat III untuk kategori Kelembagaaan Desa Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Penghargaan atas capaian prestasi tersebut diberikan pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI di Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf di Jakarta, Minggu (30/10/22).

Event tersebut dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal & Transmigrasi RI Budi Arie Setiadi.

Sedangkan dari Pemkab Kukar dihadiri Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin, Kepala Dinas Pariwisata Slamet Hadiraharjo, Kabid Destinasi Wisata Ridha Fatrianta. Sedangkan dari Desa Pela diwakili Kades Supyan Noor dan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alimin.

Wabup Kukar Rendi Solihin dalam pernyataannya di Jakarta mengatakan bahwa Kukar patut berbangga dengan capaian prestasi tersebut. “Desa Pela menjadi satu-satunya daerah di Kaltim yang mendapat penghargaan berturut-turut dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujar Wabup Kukar Rendi Solihin dengan bangga.

Ketua Pokdarwis Pela Alimin yang hadir di Jakarta menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan yang telah diraih, yang menurutnya sangat berarti bagi dirinya, Pokdarwis, dan Pemerintah Desa yang telah berjuang selama 5 tahun mengenalkan potensi Desa Pela ke Indonesia.

Disampaikan bahwa 5 tahun perjuangan memperkenalkan Desa Wisata Pela terbayarkan dengan capaian runtutan prestasi nasional yang diterima. Disampaikannya ucapan terima kasih kepada pihak Pemerintah Desa, Kecamatan, Pemkab Kukar dan Pemrov Kaltim atas segala bantuan dan dukungan dalam pengembangan sektor pariwisata di Desa Pela. Diharapkannya kolaborasi ini bisa terus berjalan dan lebih kuat lagi kedepan.

Alimin menjelaskan bahwa pihak Kementerian PUPR RI akan memperbaiki secepatnya infrastruktur jalan bahwa desa wisata yang masuk 50 besar ADWI tahun 2022.

“Kita mengharapkan kegiatan apapun yang menyangkut desa wisata dan pokdarwis, dapat melibatkan kami. Kami akan support dan dapat bersama mengembangkan desa wisata di Kaltim,” ujar Alimin.

Kadis Pariwisata Kukar menyampaikan pihaknya akan memberikan bantuan dalam pemenuhan infrastruktur pendukung seperti home stay. Selain itu, bantuan perencanaan dan penyelenggaraan Festival Danau Semayang tahun 2023. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) pun akan diberikan fasilitasi pelatihan menjadi pemandu wisata.

Disampaikannya desa-desa yang memiliki potensi serupa juga akan diberikan pendampingan oleh Dispar Kukar. “Hal ini untuk memajukan pariwisata yang ada di Kukar baik melalui pokdarwis, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Akan kami bina dan arahkan sesuai potensinya,” pungkasnya.