Advertorial News

Tingkatkan Peran Koperasi dan UMKM, Balitbangda Kukar Lakukan Riset di 7 Kecamatan

LintasMahakam.com, Kutai Kartanegara – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan riset pertumbuhan koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Riset tersebut bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui perkembangan serta kendala yang dihadapi UMKM yang mempengaruhi kinerja. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Balitbangda Kukar Pahmiadi.

Pahmiadi menjelaskan bahwa tujuan riset juga untuk mengetahui dan menganalisis strategi kebijakan untuk meningkatkan peran lembaga koperasi dan UMKM di Kukar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penetapan lokasi penelitian dipilih secara sengaja dari 18 kecamatan yang di Kukar.

Sampling yang menjadi responden adalah lembaga koperasi dan UMKM di 7 kecamatan, yakni Kecamatan Samboja, Muara Badak, Loa Janan, Loa Kulu, Tenggarong, Kota Bangun, dan Kecamatan Kembang Janggut.

Sebelumnya Balitbangda Kukar telah menggelar seminar hasil sub kegiatan penelitian dan pengembangan koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Rabu (02/11/2022) di Ruang Rapat Balitbangda Lantai IV Kantor Bappeda Kukar.

“Tujuan penelitian ini melibatkan peneliti dari Balitbangda sendiri dan dari dinas teknis yaitu Dinas Koperasi UKM yaitu untuk mengetahui dan menganalisa pertumbuhan perkembangan kelembagaan koperasi usaha kecil menengah di Kabupaten Kutai Kartanegara,” kata Pahmiadi.