Advertorial News

Terus Tingkatkan Kapasitas KIM, Diskominfo Kukar Gelar Bimtek di Muara Muntai Ulu

LintasMahakam.com, Kutai Kartanegara – Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) tahap 2 di Desa Muara Muntai Ulu Kecamatan Muara Muntai pada Kamis, (20/10/2022). Bimtek ini diikuti 30 peserta dari berbagai kecamatan dan desa sekitar.

Bimtek tersebut dibuka oleh Camat Muara Muntai Murjani dan dihadiri oleh Ketua Komisi 2 DPRD Kukar Sopan Sopian, Kasi Pelayanan Umum Kantor Camat Muara Wis, Sekretaris Desa Muara Muntai Ulu, serta Kaur Pemerintahan Desa Muara Muntai Ilir.

Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik (Kabid PKP) Diskominfo Kukar Ahmad Rianto mengatakan bimtek KIM ini penting untuk menunjang peran para anggota KIM.

“Tujuan Bimtek tersebut untuk meningkatkan kapasitas anggota KIM agar dapat menjalankan perannya dalam diseminasi informasi publik terkait program & kebijakan Pemerintah Daerah,” ujar Ahmad Rianto.

Dalam acara ini hadir juga Prahum Ahli Muda Sub Koord. SDKP Hermawan dan staf Bidang PKP dan PLIP Diskominfo Kukar, serta Ketua Forum KIM Kukar Ahmad/ Daeng Lompo. Bimtek tersebut menghadirkan narasumber Zakaria Ahmad Busro, Awaluddin Jalil, dan Ketua Komisi II DPRD Kukar Sopan Sopian .

Dalam pelaksanaan Kegiatan Bimtek tersebut dilakukan serah terima perlengkapan komputer berupa personal computer, printer dan meja kerja untuk Sekretariat KIM Muara Pelangi dan KIM Bersinar Desaku.

Penyerahan perlengkapan komputer untuk 2 KIM tersebut merupakan aspirasi DPRD Kukar tahun 2022 yang dititipkan di Diskominfo Kukar.

Dalam Bimtek ini disampaikan tentang regulasi KIM, bijak menggunakan media sosial, media sosial dan gerakan sosial baru. Pada sesi tanya jawa, peserta bimtek mengharapkan bimbingan dan arahan dari Diskominfo untuk dapat memberikan dukungan dalam pengelolaan potensi desanya agar dapat bernilai ekonomis.

Selain itu peserta bimtek juga berharap dukungan fasilitasi untuk dapat berkoordinasi dengan OPD teknis yang menjadi leading sektor dalam pengelolaan potensi yg ada di desanya.

Bimtek KIM merupakan rangkaian kegiatan Pengembangan dan Pemberdayaan Pemangku Kepentingan dalam pelaksanaan Sub Kegiatan Kemitraan dengan Pemangku Kepentingan Tahun Anggaran 2022 yang rencananya akan dilaksanakan di 7 kecamatan di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara.