Advertorial News

Sapto Pastikan PII Kaltim Siap Berkontribusi Dalam Pembangunan IKN

LintasMahakam.com, Samarinda – Anggota DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Sapto Setyo Pramono menyebutkan pemindahan lokasi Ibu Kota Negara (IKN) ke Bumi Etam turut membawa angin segar bagi
Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Kaltim.

Sapto memastikan, PII Kaltim di bawah kepemimpinannya akan siap memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan IKN Kedepannya.

“Jadi proses pembangunan IKN yang sedang berjalan ini merupakan momentum penting bagi PII Kaltim untuk turut mensukseskan melalui kontribusi nyata, karena lokasi IKN sekarang sudah ada di Kaltim,” kata Ketua PII Kaltim ini, Rabu (26/10/2022).

Menurut Sapto, dengan dipindahkannya lokasi IKN ke Kaltim maka jangkauan PII Kaltim untuk berkontribusi nyata tentu semakin besar.

Karena itu, keberadaan PII Kaltim tentu akan berupaya untuk mengakomodir seluruh elemen profesi keinsinyuran ataupun badan usaha lainnya.

Langkah ini sekaligus untuk mengetahui jumlah sumber daya manusia dari profesi keinsinyuran di seluruh Kaltim secara data.

“Pendataan itu sangat penting untuk memetakan lebih dulu seberapa banyak sumber daya yang ahli di bidang konstruksi jalan, konstruksi gedung, jembatan, ahli pertambangan, ahli lingkungan maupun ahli manajemen konstruksi,” sebutnya.

Dia berharap, dari upaya tersebut nantinya dapat diperoleh data yang valid sebagai landasan awal untuk merumuskan kebijakan dalam internal organisasi.

Sebab, ia mengaku selama ini belum memiliki data yang valid terkait keahlian dan data para insinyur yang tersebar di seluruh wilayah Kaltim.

“SDM di PII ini merupakan modal besar untuk membangun kualitas SDM di Kaltim, termasuk juga untuk kemajuan IKN. Jadi PII tentu harus melakukan transformasi agar tidak ketinggalan dalam menghadapi era digitalisasi yang terus berkembang saat ini,” terangnya. (Iswanto/ADV/DPRDKaltim)