Otomotif

MAZDA CAPELLA 626 YANG KATANYA “SALAH JAMAN”

Harga mobil tua melambung tinggi bahkan ada yang mencapai ratusan juta rupiah. Mazda Capella 626 contohnya.

Mazda Capella 626 dijuluki sebagai mobil yang “salah jaman” mengingat fitur-fitur yang disuguhkan oleh Mazda yang cukup visioner di awal pemasarannya tahun 1983. Salah satu bagian yang sangat menonjol adalah Speedometer yang sdh menggunakan teknologi digital. Pada saat itu belum banyak produsen-produsen besar yang membuat Speedometer dengan teknologi digital.

Mobil ini terbilang langka, khususnya Mazda Capella tipe tanpa buntut atau yang sering disebut Hatchback. Hal ini disebabkan karena Speedometer dengan teknologi digital yang membuat mekanik-mekanik bengkel cukup “gentar” ketika melakukan perbaikan pada mobil ini.

Mazda menyuguhkan dua varian untuk mobil ini yaitu sedan dan hatchback. Perbedaan yang begitu mencolok antara kedua varian ini adalah pada bodinya. Varian sedan memiliki buntut sehingga bagasinya tampak jelas, sementara hatchback tidak memiliki buntut sehingga tampak dari luar seperti tidak memiliki bagasi.

Salah satu contoh Mazda Capella 626 Hatchback tahun 1989 yang memiliki kapasitas mesin 2000cc dengan kapasitas penumpang mencapai 5 orang. Mazda Capella ini bisa dibilang mobil yang “salah jaman” karena memiliki fitur yang menawan tidak seperti mobil-mobil jepang lainnya, salah satunya adalah fitur suspensi elektrik yang disuguhkan oleh Mazda. Terdapat 3 jenis pilihan yaitu Soft, Normal dan Sport.

Perbedaan suspensi tersebut akan langsung terasa ketika mengendarai mobil ini. Untuk fitur Normal dan sport memiliki karakteristik yang cukup kuat. Lalu untuk fitur Soft sesuai namanya memiliki karakteristik suspensi yang empuk.

Fitur selanjutnya yang dimiliki Mazda Capella 626 adalah AC yang menggunakan teknologi elektrik swing. Teknologi tersebut menyebabkan blower tengah pada dashboard Capella ini bergerak. Pada bahian jok yang diberikan sudah menggunakan sentuhan soft touch dengan gaya jok bucket sehingga membawa kesan mobil ini seperti mobil balap.

Mobil ini dilengkapi dengan indikator-indikator digital. Seperti indikator bensin, temperatur mobil, satuan kecepatan dsb. Untuk cahaya dari digital bisa kita atur juga karena pada mazda ini memiliki fitur yang disebut dengan dimmer override.

Cukup mewah untuk mobil tahun 80an ini? Sehingga cukup banyak peminat yang berburu “besi tua” yang satu ini.

Selain itu Mazda Capella ini juga memiliki keunikan yaitu bagasinya atau buntut dari mobil ini tidak begitu terlihat karena seperti yang diawal saya bilang mobil yang dibahas kali ini adalah bertipe Hatchback.

Tinggalkan Balasan