Advertorial News

443 Peserta Ikut Test Tertulis Calon Tenaga Pendamping Desa “Pendekar Idaman” Kukar

LintasMahakam.com, Kutai Kartanegara – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kutai Kartanegara (DPMD Kukar) menggelar test tertulis calon tenaga pendamping desa ‘pendekar Idaman’ 2022. Test perekrutan ini diikuti sebanyak 443 peserta di Gedung Bela Diri Komplek GOR Aji Imbut Tenggarong Seberang, Sabtu (15/10/22).

Sebelumnya DPMD Kukar telah membuka pendaftaran selama 2 minggu dan telah dilakukan seleksi administrasi. Hasilnya adalah 443 orang peserta yang hari ini mengikuti ujian tertulis. Dari 443 orang peserta tersebut akan disaring menjadi 281 orang.

Peserta yang lulus akan mengisi formasi Pendekar Idaman Kukar yang terdiri dari 4 orang tenaga ahli kabupaten, 40 orang pendamping kecamatan (dengan asumsi dua orang per kecamatan), dan 237 orang pendamping desa dan kelurahan (dengan asumsi 193 desa dan 44 kelurahan).

Ketua DPMD Kukar Arianto menyebut rekrutmen pendekar idaman untuk mendapatkan tenaga pendamping profesional untuk membantu teknis pelaksanaan tugas dan fungsi gugus tugas pendamping desa/kelurahan di Kukar.

“Sistem masa kerjanya, sudah diamanatkan di RPJMD 2021-2026, seyogyanya harus dijalankan selama periode pemerintahan Pak Bupati,” kata Arianto.

Diharapkan Pendekar Idaman Kukar terlibat aktif dalam perencanaan, pelaksanaan dan pertanggung jawaban desa/kelurahan. Tujuannya agar pembangunan di desa tepat sasaran dan langsung menyentuh masyarakat, dan meminimalkan kesalahan.

Peserta test tertulis pada Sabtu (15/10/22) diikuti sebanyak 443 orang diikuti 32 orang Tenaga Ahli Kabupaten, 109 orang Tenaga Pendamping Desa/Kelurahan, dan 302 orang Tenaga Pendamping Lokal Desa/Kelurahan.