Advertorial News

Program Rp 50 Juta Per RT Direalisasikan, RT di Kukar Terima Motor

LintasMahakam.com, Kutai Kartanegara – Program bantuan keuangan sebesar 50 juta rupiah untuk setiap rukun keluarga di Kutai Kartanegara mulai direalisasikan bertahap. Saat ini sudah ribuan Ketua RT di Kabupaten Kutai Kartanegara menerima kendaraan roda dua.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar Arianto. Dijelaskannya bahwa sebagian dari bantuan sebesar 50 juta rupiah tersebut wajib diwujudkan kendaraan operasional.

“Setiap hari diserahkan 5 hingga 20 unit motor per harinya, tergantung banyaknya jumlah RT di tingkat desa dan kelurahan,” ujar Arianto.

Disampaikannya bahwa kendaraan operasional yang sudah diserahkan dimanfaatkan untuk pelayanan administrasi warga. Namun bisa juga digunakan seluruh warga jika dalam keadaan mendesak seperti menuju pusat kesehatan dan sekolah.

Arianto juga menambahkan bahwa pemanfaatan bersama kendaraan tersebut harus melalui musyawarah dan kesepakatan bersama RT dan warga. Program bantuan Rp50 juta tersebut merupakan bantuan khusus yang dialokasikan pada 2.336 RT di tingkat desa dan 798 RT ditingkat Kelurahan.

“Pada tahap 1 distribusi kendaraan roda 2 pada RT telah mencapai 90%. Sisanya akan direalisasikan pada tahap 2. Hal itu tercatat dari usulan yang ada di tingkat pemerintahan desa,” pungkasnya.