Advertorial News

Tahun 2023 Mendatang, 10 Ribu Pemuda di Kaltim Bakal Dapat Pelatihan Berwirausaha

LintasMahakam.com, Samarinda– DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) bersama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim bakal menerapkan program khusus bagi ribuan pemuda di Bumi Etam.

Program tersebut diketahui bakal direalisasikan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni tahun 2023 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh ketua komisi IV DPRD Kaltim, Akhmed Reza Fachlevi saat dikonfirmasi, Kamis (10/11/2022).

Reza menjelaskan, tujuan dari program tersebut dalam rangka mempersiapkan pemuda-pemudi di Kaltim untuk mampu bersaing dalam proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Pihaknya mengaku telah melaksanakan pertemuan langsung dengan Dispora Kaltim dan membahas terkait program tersebut.

“Program itu dicanangkan untuk 10 ribu orang pemuda yang ada di Provinsi Kaltim, yakni pelatihan pemuda berwirausaha,” sebut Reza.

Dalam program tersebut, kata Reza, pemuda tidak hanya mengikuti pelatihan saja, melainkan akan diberikan bantuan modal usaha.

Hanya saja, Reza tak menyebutkan berapa besaran modal usaha yang bakal diberikan kepada pemuda yang mengikuti pelatihan tersebut.

“Jadi sifatnya bukan hanya pelatihan saja, tapi diberikan juga bantuan modal usaha. Karena percuma kalau dilatih tapi tidak dibantu dengan modal, Artinya itu cuma sebatas pelatihan saja tidak ada tindak lanjutnya,” ujarnya.

Karena itu, Reza berharap agar melalui program tersebut, nantinya pemuda-pemudi Kaltim dapat berpartisipasi dalam proses pembangunan IKN dengan memanfaatkan potensi usaha yang dimilikinya.

“Ya kita harapkan program ini dapat bermanfaat bagi pemuda di Kaltim, sehingga nantinya dapat berperan aktif dalam pembangunan IKN,” serunya.(Iswanto/ADV/DPRDKaltim)