Kesehatan

Manfaat Habbatussauda (Jintan Hitam)

LintasMahakam.com Habbatussauda atau jintan hitam dikenal sebagai obat herbal. Habbatussauda memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat mengobati beberapa kondisi kesehatan. Tidak diragukan lagi bahwa pengobatan dengan habbatussauda telah dilakukan selama ribuan tahun.

Habbatussauda terbukti memiliki sifat anti-oksidan dan anti-kanker, ini dapat membantu meredakan peradangan di dalam tubuh termasuk kulit ketika dioleskan. Manfaat habbatussauda ternyata bukan hanya bisa digunakan sebagai pengobatan kesehatan saja, tetapi bisa juga sebagai kecantikan.

Dikutip dari Healthline, terdapat beberapa manfaat habbatussauda bagi kesehatan dan kecantikan yang tidak perlu diragukan lagi

1. Mengurangi tekanan darah tinggi

Mengonsumsi habbatussauda selama dua bulan telah terbukti mengurangi tekanan darah tinggi, pada orang yang tekanan darahnya meningkat.

2. Menurunkan kolestrol tinggi

Habbatussauda tinggi dengan asam lemak sehat yang dapat membantu menjaga kadar kolestrol sehat.

3. Memperbaiki gejala rheumatoid arthritis

Mengonsumsi habbatussauda dapat membantu mengurangi gejala rheumatoid arthritis inflamasi.

4. Mengurangi gejala asma

Efek anti-inflamasi dari habbatussauda dapat meluas hingga memperbaiki gejala asma, ini dapat mengurangi peradangan di saluran pernapasan dan dapat membantu gejala bronkitis.

5. Mengurangi sakit perut

Mengonsumsi habbatussauda dapat meredakan sakit perut dan kram. Manfaat habbatussauda juga dapat membantu mengurangi gas dalam perut, perut kembung dan tumbuhnya bisul.

6. Mengurangi timbulnya jerawat

Dalam jurnal Dermatology & Dermatologic Surgery, mengoleskan pelembab yang mengandung habbatussauda secara rutin dapat mengurangi timbulnya jerawat.

7. Melembabkan rambut

Habbatussauda dapat dioleskan ke rambut untuk melembutkan dan membuatnya bersinar.

8. Psoriasis

Menggunakan habbatussauda pada kulit juga telah terbukti mengurangi timbulnya plak akibat psoriasis.

9. Melembutkan kulit

Habbatussauda telah ditambahkan ke minyak pelembab untuk meningkatkan kelembapan dan hidrasi kulit.

10. Menyembuhkan luka

Mengaplikasikan habbatussauda juga telah terbukti mengurangi peradangan dan keberadaan bakteri untuk membantu penyembuhan luka, walaupun habbatussauda tidak membantu dalam menumbuhkan serat kolagen baru, namun manfaat habbatussauda dapat merangsang kulit baru yang sehat.

Tinggalkan Balasan