Advertorial News

Pemkab Kukar Gelar Hari Santri Nasional 2022 Bersama Para Ustaz dan Santri

LintasMahakam.com, Kutai Kartanegara – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar upacara bendera dalam memperingati Hari Santri Nasional tahun 2022. Peringatan tersebut dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Kukar di Tenggarong pada Sabtu pagi (22/10/22).

Peringatan Hari Santri 2022 yang bertema ‘Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan’ dihadiri Bupati Kukar Edi Damansyah, Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin, Kepala Kemenag Kukar, Asisten 1, Camat Tenggarong, para Kyai, Alim Ulama, Pengasuh Pondok Pesantren, dan para santri se Kukar.

Dalam upacara tersebut Bupati Kukar Edi Damansyah membacakan surat pidato Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Walau di bawah guyuran rintik-rintik hujan, tapi tidak menyurutkan minat para santri untuk tetap khidmat mengikuti upacara hingga usai.

Dalam pidatonya, Edi Damansyah menyampaikan bahwa peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, tetapi milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air dan mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

“Menjaga martabat kemanusiaan atau hifdzunnafs adalah salah satu tujuan diturunkannya agama di muka bumi .Oleh karenanya kita tidak boleh melakukan tindakan yang merusak harkat dan martabat manusia,” kata Edi.

Dalam pidato tersebut juga ditekankan agar para santri yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agama untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai dan martabat kemanusiaan sebagai bagian dari nilai agama.