News

Kembali Menjabat Rektor UMKT, Ini Harapan Bambang Setiaji

LintasMahakam.com, Samarinda Prof. Bambang Setiaji kembali menjabat Rektor UMKT (Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur) periode 2021 – 2025.

Setelah dilantik oleh Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Bambang lanjut melantik wakil rektor I Ghozali MH, M.Kes, Ph.D dan wakil rektor II Suwoko, SE, MM, bertempat di gedung auditorium UMKT lantai 3.

Dalam sambutannya, Bambang menyampaikan ada tiga target besar yang akan dijalankan pada masa kepemimpinannya kedepan.

“Empat tahun kedepan tiga hal yang akan dilakukan yakni penguatan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, penguatan sumber daya manusia 50% persen dosen telah (S3), dan peningkatan jumlah jurnal terbitan nasional dan internasional,” paparnya dalam langkah kepemimpinan mendatang.

Rektor dan Wakil Rektor UMKT usai pelantikan bersama dengan Wali Kota Samarinda, Wakil Ketua DPRD Samarinda.

Di masa awal Bambang memimpin kemajuan UMKT telah nampak pesat pada sisi infrastruktur dan penguatan SDM. Pada kepemimpinan berikutnya, ia akan berfokus untuk mengembangkan UMKT hingga level internasional.

“Kami akan terus membangun hubungan baik pendidikan di tingkat internasional, sudah ada dua kelas berbahsa Inggris IT dan teknik yang bisa diselesaikan di luar negeri,” ungkapnya.

Wali Kota Samarinda dalam sambutannya  turut memberikan apresiasi terhadap kemajuan yang telah ditorehkan oleh UMKT.

“UMKT digawangi oleh pimpinan yang energik, berwawasan masa depan dengan inovasi yang luar biasa. Jika semua mendukung rektor pada tiga visi, maka UMKT akan menjadi universitas yang unggul. Sebelum tahun 2025 dapat kita bayangkan UMKT akan mencapai capaian yang sangat luar biasa,” ungkap Andi Harun dalam sambutannya.

Andi Harun juga berharap, agar UMKT memfasilitasi kajian-kajian yang mampu melahirkan pikiran strategis untuk kemajuan Kota Samarinda

“UMKT juga perlu melahirkan pemikiran untuk sumbangan strategi bagi perkembangan Kota Samarinda khususnya dan Kaltim umumnya,” tambahnya.

Majelis Dikitlitbang PP Muhammadiyah juga mengungkapkan bahwa anemo masyarakat yang berkuliah di UMKT cukup tinggi.

“Anemo masyarakat juga tinggi, jika pengajarnya adalah Wali Kota Samarinda maka harapan masyarakat untuk berkuliah di UMKT pasti tinggi,” ungkap Dr. Noor Rochman Wakil Ketua Diktilitbang PP Muhammadiyah.

Ia juga mengingatkan jika jabatan yang diemban rektor dan wakil rektor merupakan amanah. Sehingga perlu dijalankan dengan baik dan memiliki trobosan capaian yang baik juga.

“Jabatan di Muhammadiyah adalah amanah. Kami apresiasi terobosan Rektor UMKT luar biasa. Karena bisa kita lihat dari pembangunan yang berkelanjutan, sampai dengan hari ini telah ada bangun gedung baru,” tutupnya.